Minggu, 01 April 2018

Tutorial Membersihkan Lensa Kamera DSLR Agar Lebih Awet

Tutorial Membersihkan Lensa Kamera DSLR Agar Lebih Awet - Salah satu tutorial supaya gambar yang Kamu ambil ketika memakai kamera DSLR serta mirrorless adalah memastikan lensa dalam keadaan bersih. Faktor tersebut dikarenakan debu pada lensa dapat membikin gambar terkesan bernoda bahkan buram.

Tetapi, Kamu wajib ekstra hati-hati sebab lensa adalah salah satu komponen kamera yang sensitif serta mudah rusak sebab tergores. Sebelum mulai membersihkan lensa, pastikan Kamu mempunyai peralatan yang dibutuhkan.


Bagaimana Debu Masuk Hingga Sensor?
Debu pada sensor adalah faktor yang lumrah kalau kamu telah lama mempunyai kamera. Bagaimana debu dapat hingga nyangkut di sensor kamera? Ada berbagai tutorial debu dapat masuk ke sensor:
  • Mekanisme lensa yang berputar saat zooming serta focusing. Saat berputar debu yang menempel di lensa dapat tersedot jatuh ke sensor kamera.
  • Sebab putaran pada poin diatas berarti dua elemen bergesekan, dapat sehingga timbul serpihan serta serpihan tersebut jatuh ke sensor.
  • Kalau kami mempunyai lebih dari satu lensa, debu kemungkinan masuk saat proses mengganti lensa. Untuk menghindarinya, baca tutorial mengganti lensa dengan aman.
Debu alias dust ini sebetulnya tak melulu mengotori sensor kamera DSLR, ada berbagai elemen lain yang sebetulnya mungkin terkotori, tetapi yang terkurang baik adalah sensor sebab kalau sensor telah kotor maka kotoran ini bakal rutin timbul serta terkesan dengan cara visual pada setiap gambar, terutama saat kamu memakai bukaan aperture kecil, f/10 kebawah. Debu pada lensa relatif mudah dibersihkan sementara debu pada lensa perlu treatment lebih lanjut saat fitur dust cleaning dalam menu di kamera tak sukses menghapusnya.

1. Persiapkan Ruang Kerja Yang Bersih, Jangan Berantakan
Untuk mengawali bersih-bersih lensa kamera pastinya Kamu wajib persiapkan ruangan yang bersih serta leluasa debu. Ruangan kerja yang acak-acakan rawan menjadi sarang debu serta kotoran.

Persiapkan alat-alat pokok semacam blower, kuas lensa, tisu lensa, pembersih sensor, kapas pembersih, swab, serta cairan pembersih. Jangan lupa sediakan alas yang bersih untuk menaruh komponen-komponen kamera.

2. Selanjutnya Lepaslah Dahulu Filter Kameranya
Langkah selanjutnya yaitu melepaskan filter yang terpasang di tahap lensa dengan tutorial melepasnya dari body terlebih dahulu.

Lalu seusai dicopot lensanya, tutuplah body kamera dengan kain serta sejenisnya supaya tak kemasukan debu serta kotoran. Amankan body kamera dengan meletakkannya di tahap yang bersih.

Lens hood juga butuh dilepas dari kamera DSLR apabila Kamu terbukti memakainya. Nantinya semua tahap kamera bakal dibersihkan satu persatu.

3. Hati-hati, Jangan Hingga Lensa Kamera Tergores Debu
Membersihkan debu yang menempel pada lensa kamera wajiblah dengan tutorial yang ekstra hati-hati. Soalnya kaca lensa sangat rawan tergores. Kalau telah kaca tergores maka hasil jepretan bakal tak lebih keren.

Nah, awali dengan meniup lensa terlebih dahulu. Bisa juga memakai blower ataupun kuas lensa khusus. Jangan langsung menggosok lensa kamera tanpa menghapus debunya sebab ada risiko tergores.

4. Bersihkan Lensa Memakai Kain Microfiber
Seusai di-blower serta dibersihkan dengan kuas, baru bersihkan kembali lensa memakai kain microfiber. Bersihkanlah lensa paling awal, baru dilanjutkan ke bodi kamera.

Usahakan memakai kain yang tak sama untuk mengelap lensa serta bodi. Dengan tutorial ini maka bakal meminimalisir kemungkinan kotoran terbawa serta menggores tahap lain.

5. Pakailah Rutin Cairan Khusus Pembersih Lensa
Untuk membersihkan kamera DSLR, terutama tahap lensa gunakanlah cairan khusus pembersih lensa. Produk ini telah tak sedikit beredar di toko-toko elektronik, terutama perlengkapan kamera.

Sebaiknya teteskan cairan pembersih alias semprotkan pada kain microfiber, selanjutnya kain digunakan untuk mengelap dengan hati-hati.

Bersihkan dengan gerakan memutar. Jangan sempat coba meneteskan langsung cairan ke lensa alias menyemprotkannya.

6. Pakailah Peralatan Pembersih Dengan Benar, Sesuai Manfaatnya
Langkah terbaru untuk trik dalam tutorial membersihkan lensa kamera DSLR merupakan pemakaian peralatan pemnbersih sesuai dengan manfaatnya masing-masing.

Semacam kita singgung di atas, usahakan untuk membedakan kain yang digunakan untuk lensa serta yang untuk bodi.

Pemakaian alat-alat tanpa menyesuaikan manfaatnya bakal berdampak fatal dengan terbawanya debu dari satu tahap ke tahap lain, terutama lensa. Akhirnya goresan debu bisa membikin lensa rusak.

Dari ulasan kita mengenai langkah serta tutorial membersihkan lensa kamera DSLR tersebut semoga bisa Kamu terapkan.

Untuk peralatan pembersih kamera mudah Kamu bisakan di pasaran serta toko kamera terdekat di kota Anda.

Related Posts

Tutorial Membersihkan Lensa Kamera DSLR Agar Lebih Awet
4/ 5
Oleh