Minggu, 15 Juli 2018

Ini Dia Cara Membuat Kopi Tubruk yang Benar dan Mudah Banget

Bagi Anda pecinta kopi, mungkin tak lagi asing dengan kopi tubruk. Kata tubruk sendiri konon diambil dari bahasa jawa yang artinya ‘ditabrakkan’ karena proses pembuatan kopi ini dengan cara ‘menabrakkan’ bubuk kopi langsung dengan air panas. Meski terlihat simpel, ternyata tak banyak yang tahu cara membuat kopi tubruk yang benar.

Ada juga yang berpendapat bahwa penamaan kopi tubruk merujuk pada cara penggilingan kopi yang dulu masih menggunakan alu dan lesung. Jadi biji kopi tadi seperti ‘ditabrakkan’ untuk mendapatkan bubuk kopi yang siap minum. Nah, berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuat kopi tubruk.
cara membuat kopi tubruk yang benar

Perhatikan Kehalusan Bubuk Kopi
Hal pertama yang harus Anda perhatikan adalah tingkat kehalusan bubuk kopi. Tidak seperti kopi turki yang cenderung halus, kopi tubruk sebaiknya memiliki tingkat kehalusan yang medium. Tidak terlalu halus juga tidak terlalu kasar.

Selain itu, tingkat kehalusan bubuk kopi juga perlu diperhatikan bagi Anda yang memiliki penyakit maag. Karena semakin kasar bubuk kopi, maka tingkat keasamannya akan semakin tinggi. Atau jika Anda menyukai sensasi pahitnya kopi, Anda bisa memilih bubuk kopi yang lebih halus.

Gilingan Kopi Sangat Mempengaruhi Cita Rasa
Sebagai saran, belilah kopi yang masih berbentuk biji. Sebaiknya biji kopi digiling sesaat sebelum diseduh. Juga pilihlah kopi yang masih segar atau sekitar satu minggu setelah proses roasting. Jenis dan cara penggilingan biji kopi ini tentu akan sangat memengaruhi rasa serta aroma kopi yang akan disajikan.

Jika Anda memilih untuk membeli kopi dalam bentuk bubuk, maka perhatikanlah kualitasnya. Pilihlah kopi bubuk yang murni tanpa tambahan gula ataupun susu. Atau Anda bisa membeli kopi bubuk yang baru digiling untuk mendapatkan aroma fresh dari kopi.

Jangan Seduh Kopi dengan Air Mendidih
Air yang terlalu panas dapat menyebabkan kopi terlalu cepat matang bahkan gosong. Diamkan sekitar 5 menit setelah air mendidih lalu tuangkan ke dalam kopi. Untuk menyeduh kopi gunakanlah air dengan temperatur sekitar 93 sampai 96 derajat celcius.

Suhu air sebaiknya diperhatikan untuk mendapatkan cita rasa kopi yang tepat. Semakin panas air, maka kopi akan semakin pahit. Sebaliknya jika suhu air rendah, maka kopi cenderung lebih asam.
Teknik menyeduh kopi tubruk ini juga tidak sembarangan. Bubuk kopi yang sudah tersaji diseduh dengan menggunakan air panas secara merata. Hal ini dilakukan agar bubuk kopi terlarut sempurna dan memberikan aroma yang khas.

Biarkan Kopi Beberapa Menit Sebelum Diaduk
Setelah diseduh, biarkan kopi beberapa menit sebelum diaduk. Inilah salah satu cara membuat kopi tubruk yang benar agar kopi semakin mengeluarkan aroma dan rasanya yang khas. Cara ini juga akan membuat kopi lebih terekstrak dengan sempurna.

Tambahkan Gula sebagai Pelengkap
Selanjutnya, Anda bisa menambahkan gula atau susu sesuai selera. Banyak pecinta kopi yang menyarankan untuk meminum kopi tanpa gula karena cita rasa asli dari kopi akan pudar dan lebih dominan rasa manis dari gula.

Bagi Anda yang masih pemula dalam mencicipi kopi, tak ada salahnya juga menambahkan kremer atau susu untuk memperhalus rasa pahit dari kopi. Untuk Anda yang memiliki maag, disarankan untuk tidak meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Itulah beberapa tips cara membuat kopi tubruk yang benar. Kopi tubruk digemari tidak hanya karena proses pembuatannya yang sederhana, namun juga membuat ciri khas rasa kopi lebih terasa dari cara lainnya.

Related Posts

Ini Dia Cara Membuat Kopi Tubruk yang Benar dan Mudah Banget
4/ 5
Oleh