Jumat, 06 Juli 2018

Tips Cara Memilih Bahan Bangunan Berkualitas Tinggi

Anda yang berniat ingin membangun ataupun merenovasi sebuah rumah, apartement, membangun jalan dengan bahan beton. Maka ada baiknya harus punya perencanaan terlebih dahulu. Baik itu memilih bahan material apa saja yang di pergunakan serta desain yang akan digunakan. Dengan mempertimbangkan hal seperti itu tentu akan berpengaruh dengan kekuatan bangunan tersebut serta budget yang dimiliki apakah cukup atau tidak. Salah satu yang berpengaruh dalam kokohnya suatu bangunan adalah beton. Dari bahan apa anda membuat beton baik campuran semen ataupun besinya.

Semua orang tentu termasuk saya sendiri tentu punya menginginkan sesuatu yang akan di bangun tapi dengan bahan kualitas tinggi. Tujuannya yaitu agar bangunan tersebut kokoh dan tahan lama. Tidak mudah lho untuk memilih bahan bangunan yang punya jaminan mutu baik, tapi jika anda kesusahan dalam menentukan apa saja bahan tersebut maka kami akan membantu anda kali ini. Cukup simak artikel dari kami ini sampai selesai ya sobat.

Pasir
Sebagai bahan dasar pada bangungan yang paling penting. Pilihlah pasir murni yang tidak tercampur dengan lumpur. Alangkah bagusnya pasir yang di dapatkan dari hasil penambangan di gunung. Bukan dapat dari pantai/sungai. Salah satu alasan jangan menggunakan pasir yang tercampur lumpur adalah bisa bikin lebih boros semen ketika mencampur dengan pasir saat proses pengadukan.

Semen
Kualitas serta merk dari produk semen di Indonesia tentu ada banyak macamnya. Kualitas yang bagus serta harga miring jadi pilihan terbaik untuk menentukan semen seperti apa yang anda inginkan. Pertimbangkan untuk memilih yang sudah populer dan banyak di gunakan oleh masyarakat untuk membuat bangunan, Saat ini banyak yang menggunakan beton instan indokon sebagai pilihan bahan bangunan yang cukup populer.

Batu untuk Pondasi
Batu yang bagus dan cukup populer adalah jenis batu belah. Batu bulat yang berukuran besar kemudian di pecahkan maka jadilah batu belah. Sering di jumpai pada daerah perbukitan ataupun pegunungan. Tepat sekali jika anda sudah sering menggunakan jenis batus seperti ini. Cengkraman batu ini sangat kuat satu sama lain sehingga pondasi akan berdiri sangat kokoh. Perbedaan antara batu bulat dengan batu belah adalah daya cengkram batu belah lebih kuat ketimbang batu bulat.

Besi Beton
Besi kuno banyak di gunakan oleh banyak orang saat ini meskipun harganya relatif agak mahal ya. Alasan mahal karena faktor kelangkaan dan permintaan konsumen sangat tinggi sehingga harga besi kuno jadi lebih mahal ketimbang besi beton sekarang. Pilihlah besi kuno yang berkualitas, ketimbang memilih besi beton sekarang ini. Meskipun agak mahal, namun kualitasnya cukup menjanjikan untuk membangun rumah, apartement, atau jalan yang bisa bertahan lama.

Batu bata
Batu bata jadi salah satu material yang di favoritkan oleh masyarakat. Baik itu untuk dijadikan struktur pagar, dinding dan lainnya. Bahannya yang keras dan padar, berbanding terbalik dengan bataku yang punya rongga dan dimesni yang lebih gede. Pembuatan batu bata yang bagus adalah dari tanah liat yang di bakar hingga berwarna merah kecoklatan. Kelebihan batu bata merah adalah dalam segi menyerap suhu panas lebih baik di bandingkan dengan batako. Sehingga jika di pergunakan untuk bahan rumah maka akan terasa lebih segar.

Okelah semoga sobat suka dengan penjelasan dan tips dalam memilih bahan bangunan yang berkualitas ini. Ada baiknya konsultasikan dengan mandor ataupun sesuatu yang lebih ahlinya sebelum melakukan pembangungan. Dengan melakukan perencanaan secara matang tentu hasilnya juga akan lebih memuaskan. Semoga bermanfaat.

Related Posts

Tips Cara Memilih Bahan Bangunan Berkualitas Tinggi
4/ 5
Oleh